KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Senin, 12 Maret 2012

PEMKAB OPTIMIS MAMPU PENUHI TARGET PRODUKSI PADI



Trenggalek, 12/3 (ADSFM) - Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur menargetkan produksi padi pada tahun 2012 meningkat 13 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Tahun 2011 produksinya sekitar 145 ribu ton, sedangkan tahun ini kami optimis bisa meningkatkan hasil produksi menjadi 165 ribu ton," kata Kepala Dinas Petanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Trenggalek, Joko Surono.

Ia mengaku target pencapaian produksi bahan pangan utama tersebut mampu dipenuhi karena disokong oleh 11 ribu hektare area persawahan teknis.

"Di Trenggalek itu yang paling banyak jenis Gogo, luasnya ada sekitar 6ribu hektare. Kalau di Gogo mendapat 5ton saja saya yakin target 165 akan terlampaui," katanya.

Joko menjelaskan, optimisme itu juga didukung oleh inisiatif sejumlah petani yang mulai fokus menggunakan pupuk organik sebagai media penyubur tanaman.

Menurutnya, dengan pola pemeliharaan tanaman menggunakan pupuk organik akan meminimalisir munculnya serangn hama, selain itu juga mampu meningkatkan kadar hara dalam tanah.

"Kesadaran masyarakat menggunakan pupuk organik ini menurut saya adalah sustu kemajuan yang luar biasa dan perlu mendapat apresiasi," ujarnya.

Sementara itu disinggung mengenai sejumlah area persawahan yang diserang hama dundep dan potong leher, Joko mengaku hal tersebut tidak akan mengganggu produksi padi ditingkat kabupaten.

Ia mengklaim luasan wilayah yang saat ini terserang hama tersebut hanya berada di beberapa titik, sehingga masih dalam kategori wajar.

"Meski jumlahnya tidak banyak kami akan tetap memberikan perhatian serius pada spot-spot hama itu, kami tidak ingin kebobolam lagi seperti peristiwa serangan wereng tahun lalu," katanya.

Untuk itu Joko mengimbau kepada petani di wilayahnya untuk aktif melakukan pemantauan tanaman, serta rutin memberikan pemupukan agar hasil panen yang didapatkan maksimal.

"Dari pemantauan itulah kalau ada hama bisa segera diketahui dan saya mohon apabila muncul hama segera melapor melalui kelompok tani masing-masing, biar nanrti diteruskan ke petugas dinas pertanian untuk diambil tindakan," ujarnya.

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India