KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Selasa, 20 Maret 2012

AKSES JALAN KAMPAK-MUNJUNGAN TRENGGALEK KEMBALI NORMAL

Trenggalek, 20/3 (ADSFM) - Jalur utama Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur kembali normal setelah di tertimbun longsor selama lima jam.

"Tadi tim BPBD bersama masyarakat bergotong-royong menyisihkan material longsor dan sekitar pukul 12.00 WIB arus lalu-lintas menuju Kecamatan Munjungan atau sebaliknya sudah mulai dibuka," kata Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Trenggalek, Ahmad Budiaharto, Selasa.

Menurutnya, volume longsoran tanah kali ini mencapai 500 meter kubik. Sedangkan lokasinya sama persis dengan titik longsor sepakan yang lalu yakni di Dusun Jedeg Desa Ngaddimulyo kecamatan Kampak.

Proses pembersihan material longsor sepanjang 50 meter tersebut terpaksa dilakukan secara manual dengan menggunakan cangkul, hal itu untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan.

"Karena kalau dikeruk menggunakan alat berat, kami khawatir tebing diatasnya justru ikut longsor, karena saat ini kondisinya juga rawan longsor, jadi kami hanya menyisihkan yang menutup badan jalan," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Budi ini memperkirakan volume tanah yang rawan longsor mencapai 5000 meter kubik, bahkan sebagian diantaranya mulai retak.

"Semoga saja nanti malam tidak hujan, karena apabila terkena air maka potensi longsor akan semakin tinggi," imbuhnya.

Untuk itu pihaknya mengimbau agar pengguna jalan yang melintasi ruas Kampak-Munjungan lebih berhati hati dan meningkatkan kewaspadaan.

lebih lanjut ia menjelaskan kawasan menuju Kecamatan Munjungan itu menjadi salah satu titik paling rawan terjadi tanah longsor, karena sebagian besar jalan dikelilingi oleh tebing dan jurang dengan kemiringan lebih dari 50 derajat.

"Selain itu kondisi medan disana juga cukup sulit, penuh dengan tanjakan dan turunan tajam. Pokoknya harus ekstra waspada," imbaunya.

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India