KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Jumat, 02 Maret 2012

DINDIK TRENGGALEK SIAPKAN 566 TENAGA PENGAWAS UN

Trenggalek, 2/3 (ADSFM) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur menyiapkan 566 guru untuk menjadi ujian nasional (UN) tingkat SMA/MA/SMK tahun 2012.

"Rinciannya, untuk SMA/MA diawasi oleh 304 guru, sedangkan untuk SMK akan diawasi oleh 262 guru," kata Kasi Kurikulum SMP, SMA dan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Sunarya, Jumat.

Ia menjelaskan, 566 pengawas UN tersebut akan disebar ke 42 sekolah penyelengggara ujian nasional, yang terdiri dari kelompok SMA 19 sekolah, MA 9 sekolah dan kelompok SMK 18 sekolah.

Lanjut dia, Pengawasan yang akan diterapkan sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dari Kemendiknas, yakni satu ruangan diawasi oleh dua orang.

sedangkan penempatan tenaga pengawasnya, dinas P & K akan memakai sistim silang dalam kabupaten antar sekolah antar mata pelajaran.

"Misalkan guru SMA I Trenggalek, bisa saja nanti akan mengasai di SMA 2 Karangan atau sebaliknya. Selain itu pengawasnya dipastikan bukan guru mata pelajaran yang diujikan," ujarnya.

Sunarya menambahkan, selain pengawas internal dari tenaga pendidik di lingkup Kabupaten Trenggalek, rencananya akan ada pengawas dari satuan pendidikan yang ditunjuk langsung oleh kementerian pendidikan nasional melalui dinas pendidikan provinsi.

"Biasanya itu dari perguruan tinggi, namun sampai saat ini masih belum ada informasi dari provinsi, perguruan tinggi mana yang akan mengawasi dan berapa jumlahnya," ucap pria yang akrab disapa Naryo ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, ujian nasional tingkat SMA/MA dan SMK di Kabupaten Trenggalek akan diikuti oleh 5652 peserta, dengan princian SMA 2330 peserta, MA 709 dan SMK 2614 peserta.

"Kalau dilihat dari gendernya, kelompok SMA/MA kelihatannya lebih banyak pelajar perempuan, jumlahnya 1785 dan siswa laki-laki 1254. Sedangkan untuk SMK kebalikannya, lebih banyak siswa laki-laki yaitu 1475 sedangkan yang perempuan 1139,"katanya merinci.

Ujian nasional (UN) kelompok SMA/MA rencananya akan digelar secara serentak pada tanggal 16-18 April 2012 sedangkan ujian susulan dilaksanakan tanggal 23-26 April 2012.

"Sementara itu ujian nasional kelompok SMK di gelar mulai tanggal 16-18 April 2012 dan ujian susulan tanggal 23-25, jadi berbeda satu hari dengan SMA karena perbedaan jumlah pelajaran yang diujikan," pungkas Naryo.

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India