KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Jumat, 02 Maret 2012

KEJARI TRENGGALEK SIDIK KORUPSI PROYEK Rp56 M

KEJARI TRENGGALEK SIDIK KORUPSI PROYEK Rp56 M

Trenggalek, 1/3 (ADSFM) - Kejaksaan Negeri Trenggalek kini tengah menyidik kasus dugaan korupsi proyek jalan dan jembatan tahun 2009 di dinas pengairan dan binamarga senilai Rp56 miliar .

"Dari total nilai proyek Rp 56 miliar tersebut ada 84 paket pekerjaan yang kami nilai bermasalah," kata Kasi Intel Kejaksaan Negeri Trenggalek, Bayu Danarko, Kamis.

Pihanya menduga pengerjaan sejumlah proyek tersebut tidak sesuai besaran teknis (bestek) yang telah ditetapkan, sehingga berpotensi terjadi tindak pidana korupsi dan merugikan keuangan negara.

Untuk mengungkap kejanggalan proyek tersebut pihaknya telah memanggil sejumlah rekanan dinas binamarga ke kejaksaan untuk dimintai keterangan sebagai saksi.

"Kami panggil secara bertahap, kemarin itu enam saksi, besok (Jumat) juga akan panggil lagi enam saksi dari rekanan," kata Bayu Danarko.

Namun ia enggan menyebutkan siapa saja yang akan dipanggil besok, pihaknya takut terjadi kongkalikong atau kesepakatan diantara rekanan, sehingga akan meyulitkan proses penyidikan.

Lebih lanjut pria yang ditujuk sebagai Humas Kejaksaan NegEri Trenggalek ini menjelaskan, penyidik khusus kejaksaan juga berancana akan memanggil bebarapa saksi lain dari kalangan birokrasi yang menjadi pengelola proyek tersebut. "Ada pokoknya, tunggu sajalah nanti tahu sendiri," katanya.

Meski telah memeriksa sejumlah saksi, tim penyidik belum berani menetapkan tersangka yang terlibat, Bayu beralasan kejaksaan masih dalam tahap mengumpulkan keterangan saksi-saksi.

Selain itu, kerugian negara yang ditimbulkan atas dugaan penyimpangan mega proyek itu hingga kini masih belum bisa diketahui, karena menunggu audit resmi dari BPKP.

Sementara itu salah satu rekanan, mengakui bahwa proyek tahun 2009 tersebut banyak rekanan yang mendapat klaim karena volume pekerjaan masih mengalami kekurangan. "kalau jumlahnya berapa saya tidak tahu, tapi yang jelas banyak," katanya.

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India