KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Kamis, 20 Oktober 2011

SOSIALISASI PENGELOLAAN SAMPAH DENGAN MOBIL HIJAU



Trenggalek, 20/10 (ADSFM) - Badan Lingkungan Hidup dan Tim pengerak PKK Jatim menggelar soslialisasi pengelolaan sampah di gedung Bawarasa Trenggalek melalui mobil hijau.

"Di dalam mobil hujau ini ada beberapa sarana edukatif, sarana ini untuk pembelajaran manusia tentang bagaimana melakukan pengelolaan lingkungan," kata Kasubag Penyusunan Prog BLH Provinsi Jawa Timur, Lotty Sri Sudarmiati, Kamis.

Sosialisasi tersebut merupakan tindak lanjut dari program yang dicanangkan solidaritas istri kabinet Indonesia bersatu (Sikib), yang salah satunya poinnya adalah Indonesia hujau.

Lotty menambahkan dalam sosialisasi di Trenggalek ini pihaknya memfokuskan tata cara melakukan pengelolaan sampah melalui 3R (Reuse, Reduce, Recycle).

"Yang pertama, peserta diajarkan untuk memilah sampah, antara sampah organik dan anorgannik, sehingga nanti akan lebih mudah dalam melakukan pengolahan sampah itu," katanya.

Selanjutnya peserta yang terdiri dari berbagai macam ormas tersebut diajarkan cara melakukan daur ulang sampah menjadi barang yang dapat dimanfaatkan kembali untuk kehidupan sehari-hari.

Menurut Lotty terdapat dua hal penting dalam pengolahan sampah yakni sampah organik yang diolah menjadi kompos dan sampah anorganik yang didaurulang menjadi barang barang kerajinan tangan.

"Untuk hasil daur ulang bis menjadi beraneka macam kerajinan, seperti tas bungkus mi instan maupun boneka," katanya sambil menunjukan barang hasil daur ulang.

Ia melihat saat ini kesadaran masyarakat dalam melakukan pengelolaan lingkungan sudah mengalami perkembangan yang cukup signifikan namun demikian ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan.

"Masyarakat perlu dibimbing tantang bagaimana memilah sampah, mendaurulang sampah serta melestarikan lingkungan dengan memunculkan pohon-pohon baru pada lahan yang masih kosong atua kurang produktif," kata Lotty.

Disisi lain ia juga mengingatkan kepada pemerintah daerah untuk terus melakukan pembinaan tentang pelestarian lingkungan .

"Kami harapkan tidak hanya sekali dalam melakukan pembinaan,namun harus berulang kali dan satu lagi jangan sampai bosa untk mengingatkam masyarakat," ucapnya.

Sementara itu Kabag Humas Pemkab Trenggalek, Yoso Mihardi menyabut baik sosialisasi mobil hijau tersebut, ia berharap masyarakat sadar dan mampu dalam melakukan upacaya pelestarian lingkungan.

"kebetulan pesertanya ini beraneka macam , ada yang dari Persid, Muslimat Nu, Aisyiah dan lain-lain. Semoga saja setelah pulang nanti, para peserta dapat menularkan ilmu yang didapat ke oarang lain," katanya.

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India