KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Jumat, 16 September 2011

PEMKAB TRENGGALEK SONGSONG E-KTP

Trenggalek, 16/9 (ADSFM) - Program KTP elektronik (e-KTP) yang dicanangkan pemerintah pusat baru bisa dilaksananan di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur pada tahun 2012 mendatang.

"Karena Trenggalek ini tidak masuk dalam 12 kabupeten/kota percontohan e-KTP di Jawa Timur, maka pelaksanaanya kebagian yang belakangan, selain itu Kami masih menunggu alatnya dari pemerintah pusat," kata kabag Humas Pemkab Trenggalek, Yoso Mihardi.

Meski demikian, saat ini pemkab Trenggalek mulai mempersiapkan sumberdaya manusia (SDM) yang nantinya akan menjadi operator e-KTP di tingkat kecamatan.

"Karena di tiap kecamatan nantinya akan ditempatkan satu alat eKTP, sehingga saat ini kami sudah mulai mempersiapkan SDM-nya, petugas ini merupakan kepanjangan tangan dari dinas kependudukan," jelasnya.

Sedangkan untuk mempersiapkan sarana pendukung lainya, pemerintahan di bawah kepemimpanan bupati Mulyadi ini juga tengah mengajukan anggaran dana melalui perubahan anggaran keuangan (PAK).

"Dananya nanti digunakan untuk membeli fasilitas pendukung berupa catu daya (genset) untuk mengantisipasi apabila terjadi pemadaman listrik PLN, jadi tiap kecamatan nanti akan difasilitasi genset ini. Sedangkan peralatan utama disuplai oleh pemerintah pusat," imbuh Yoso.

Sementara itu menurut Yoso pelayanan KTP di dinas kependudukan masih berjalan seperti biasanya, namun data yang digunakan telah disesuaikan dengan program eKTP.

"Gara-gara menungu penyesuaian data ini, pada bulan maret yang lalu pelayanan KTP sempat terganggu, tapi saat ini sudah lancar," katanya.

Disinggung mengenai program KTP keliling yang dicanangkan bupati Mulyadi, juru bicara pemkab Trengalek ini mengaku saat ini tidak bisa dijalankan.

"Untuk sementara tidak bisa difungsikan karena masih menunggu sitem yang baru," terangnya.

Pelaksanaan program e-KTP di Trenggalek rencananya akan dilakukan secara reguler sesuai dengan masa berlaku KTP biasa habis, hal itu dilakukan karena jumlah alat yang disediakan sangat terbatas.

"kalau KTP massal kelihatanyan tidak mungkin kami lakukan, karena satu kecamatan itu hanya ada satu alat e-KTP," pungkasnya.

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India