KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Selasa, 27 September 2011

PEMANGSA TERNAK WARGA TERNYATA KAWANAN ANJING HUTAN

Trenggaek, 27/9 (ADSFM) - Pemkab Trenggalek, Jawa Timur memastikan binatang buas yang memangsa puluhan kambing di kecamatan Watulimo adalah kawanan anjing hutan.

"Beberapa warga sengaja melakukan pengintain dan melihat adanya kawanan anjing hutan yang turun ke perkampungan warga dalam jumlah banyak, jadi bukan harimau" kata Kabag Humas Pemkab Trenggalek Yoso Mihardi.

Hal itu juga didukung luka bangkai kambing yang ditinggalkan, yakni hanya bagian perut saja yang habis dimakan, sedangkan kepala dan baian tubuh lainya masih utuh.

"kalau harimau pasti dimakan semuanya, sedangkan di Watulimo ini hanya memakan bagian yang 'empuk' (lunak) saja," jelas Yoso.

Diperkirkan, kawanan anjing hutan ini turun ke perkampungan warga akibat kemarau yang panjang sehingga kawasan hutan di pantai selatan tersebut megalami kekeringan.

"Kemungkinan besar saat ini habitat asli anjing-anjing tersebut sedang mengalami krisis pangan, hingga nekat memangsa ternak warga," kata Yoso menganalisa.

Untuk meminimalisir serangan anjing buas tersebut Pemkab Trenggalek meminta agar warga setempat untuk aktif melakukan ronda malam.

"Saat ini memang sudah reda, namun untuk jaga-jaga lebih baik melakukan antisipasi lebih dini dengan jaga malam, terutama di Desa gemaharjo dan desa Watulimo," kata juru bicara bupati ini.

Sebelumnya, sejak Agustus lalu warga Desa Gemaharjo dan Desa Watulimo digegerkan oleh puluhan kambing yang mati mengenaskan dengan kondisi perut nyaris habis.

Pada awal kejadian warga sempat memperkirakan matinya hewan ternak tersebut akibat serangan harimau yang hidup di kawasan hutan Watulimo.

"Data yang kami terima dari dua desa tersebut kambing yang mati sebanyak 50 ekor, untuk saat ini warga sudah mulai lega karena hewan yang memangsa sudah diketahui," jelas Yoso Mihardi.

Lanjut dia mayoritas kambing yang diserang kawanan anjing tersebut kandangnya berada di dekat hutan.

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India