KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Senin, 31 Oktober 2011

PENYIDIKAN KASUS KORUPSI BUMDES WONOCOYO SELESAI

Trenggalek, 31/10 (ADSFM) - Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Trenggalek, Jawa Timur telah merampungkan penyidikan kasus dugaan korupsi Badan Usaha Milik Desa (bumdes) Wonocoyo .

"Saat ini prosesnya masuk pada tahap pemberkasan, yaitu mengumpulkan seluruh data hasil peyidikan menjadi satu berkas," kata Kasi Intel Kejaksan Negeri Trenggalek, Bayu Danarko, Senin.

Setelah seluruh berkas terkumpul, tim penyidik segera melimpahkan berkas tersebut ke jaksa penuntut umum (JPU) yang akan menangani dalam proses persidangan.

Bayu mengatakan, pihaknya tidak memiliki target khusus untuk penyelesaian pemberkasan kasus korupsi tersebut, namun ia berjanji akan serius dalam menanganinya.

"Pokoknya akan kami selesaikan secepatnya, agar bisa segera dilakukan tahap satu atau pelimpahan ke JPU, nanti setelah di serahkan akan diteliti lagi syarat formil dan materiilnya," kata pria asli POnorogo ini menjelaskan.

Dalam kasus penyalahgunaan dana bantun bumdes itu kejakaan menetapkan ketua Bumdes Desa Wonocoyo Kecamatan Pogalan, Purwanto sebagai tersangka.

"Sementara tersangkanya masih satu yakni saudara Pwr, namun tidak menutup kemungkinan bisa bertambah, kita lihat saja nanti prosesnya seperti apa," ucapnya.

Menurut Bayu, ketua bumdes itu ditetapkan sebagai tersangka, karena diduga telah menyelewengkan bantuan pemerintah sehingga menyebabkan kerugian negara puluhan juta rupiah.

"Untuk jumlah kerugiannya kami masih belum bisa menyebutkan, karena saat ini prosesnya masih dalam tahap pemberkasan, nanti saja kalau sudah dinyatakan P21 (sempurna)," kilah Bayu.

Sebelumnya, pada tahun 2001 hingga tahun 2008 Pemkab Trenggalek mengucurkan bantuan dana bumdes ke seluruh desa di wilayahnya. setiap bundes mendapatkan bantuan anggaran Rp10 juta per tahun.

Dalam tahap penyedikan, pihak Kejaksaan Negeri Trenggalek telah memeriksa lebih dari sepuluh saksi.

"Semua saksi yang kami periksa sangat kooperatif, semoga saja dalam persidangan nanti juga lancar segingga dapat menghasilkan keputusan yang tepat," pungkas Bayu Danarko.

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India