KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Rabu, 26 Oktober 2011

KLH SIAP TINDAK TEGAS PERUSAK POHON KOTA

Trenggalek, 26/10 (ADSFM) - Kepala kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Trenggalek mengancam akan bertindak tegas terhadap warga yang sengaja merusak pohon kota.

"kami tidak segan untuk melaporkan ke polisi terhadap siapapun yang ketahuan merusak atau memotong tanaman yang ada ditepi jalan," kata Kepala kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Trenggalek, Agus Setyono, Rabu.

Tindakan tegas itu dilakukan agar tanaman pelindung yang berada di sepanjang jalan protokol Trenggalek tetap terjaga kelestariannya.

"Dulu pernah ada salah satu pengusaha yang mengajukan pemotongan pohon karena posisinya berada di depan pembangunan indomaret miliknya, namun ijin belum keluar sudah nekat memotong, akhirnya ya kami laporkan ke polisi," katanya.

Agus menjelaskan setiap pemotongan pohon milik pemkab yang berada di tepi jalan harus mendapatkan ijin terlebih dahulu dari KLH.

"Ijin pemotongan maksimal hanya satu pohon, itupun harus kami survei terlebih dahulu, layak dipotong apa tidak," kata Agus.

selain itu pemohon ijin diwajibkan untuk mengganti satu pohon yang dipotong dengan 10 pohon yang berukuran sama.

"Hal ini dilakukan agar masyarakat tidak semena-mena melakukan perusakan lingkungan, karena pohon yang berada dipinggir jalan itu memiliki fungsi yang cukup banyak termasuk untuk melindungi pengguna jalan dari sengatan matahari," jelas Agus.

Saat ini terdapat ribuan pohon milik pemkab Trenggalek yang berada disepanjang jalan protokol, pohon tersebUt mayoritas adalah jenis non produktif seperti angsana, spatudea, asem belanda, sono kembang, pinisium dan dadap merah.

"Kami sengaja memilih tanaman bukan produksi seperti mangga maupun cengkeh karena pertimbangan kemananan dan keselamatan pengguna jalan, misalkan kalau kami tanami cengkeh, kemudian warga mencurinya kan malah repot," kaya Agus Setyono dikantornya.

Ia berharap masyarakat Trenggalek ikut serta melakukan pelestarian pohon kota dengan cara tidak melakukan pemotongan maupun perusakan.

"Ini sekaligus warning untuk pemasang iklan, jangan sekali-kali menempel materi promosi dipohon terlebih dengan cara dipaku," katanya menegaskan.

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India