KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Selasa, 28 Februari 2012

2000 GURU DI TRENGGALEK BELUM SERTIFKASI

Trenggalek, 28/2 (ADSFM) - Sebanyak 2000 guru PNS dan non PNS yang bertugas di Kabupaten Trengggalek, Jawa Timur belum bersertifikasi meski telah memiliki masa kerja lebih dari lima tahun.

"Kalau dilihat dari masa pengabdian memang sudah kalak untuk mengajukan sertifikasi. Namun demikian ada faktor lain yang menghambat, diantaraya kuota sertifikasi yang ditetapkan pemerintah pusat sangat terbatas," kata Kepala Bagian Kepegawaian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupten Trengggalek, Suwatno, Selasa.

Selain itu masih banyak diantara guru-guru tersebut yang belum memiliki jam mengajar sesuai yang disyaratkan Kementerian Pendidikan Nasional, yakni 24 jam perminggu.

"Makanya kami juga berdoa semoga 771 yang ikut uji kompetensi tahun ini lulus semua," ucapnya.

Namun demikian Suwatno optimis, ribuan guru yang belum mendapatkan sertifikasi itu akan dapat terselesaikan secara bertahap hingga tahun 2015 mendatang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Kusprigianto berharap munculnya aturan baru yang mewajibkan guru lulus uji kompetensi dapat mencetak tenaga pendidik yang handal dan profesional.

"Jadi uji kompetensi awal (UKA) yang di gelar sabtu (25/2) kemarin bukan untuk mempersulit guru, namun justru sebaliknya dengan UKA itu kelamahan tenaga pendidik ini akan bisa diketahui dan dibenahi pada saat PLPG (pendidikan dan latihan profesi guru)," katanya.

Namun saat ditanya mengenai nasib guru yang nantinya tidak lulus uji kompetensi, Kus mengaku bisa menjawab, karena hingga kini pihknya belum mendapatkan petunjuk teknis dari Kemendiknas mengenai hal tersebut.

"Yang kami tahu saat ini, guru yang lulus UKA saja yang bisa mengikuti PLPG, sedangkan yang tidak lulus tidak bisa," ujarnya.

Disisi lain salah satu guru SMP Negeri 2 kampak, Erna Handayani, yang bebera hari lalu mengikuti uji kompetensi hanya bisa pasrah dengan hasil yang akan didapatkan. Ia berharap bisa lulus dan mengikuti seleksi selanjutnya melalui PLPG.

"Untuk soal-soalnya lumayan sulit, tapi yang penting kami sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikannya," ucapnya sambil tersenyum.

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India