KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Rabu, 22 Februari 2012

BANJIR RENDAM RATUSAN RUMAH DI TRENGGALEK


Trenggalek, 22/2 (ADSFM) - Ratusan rumah di Kecamatan Trenggalek dan Pogalan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur terendam banjir hingga ketinggian lebih dari satu meter, akibat meluapnya sungai Ngasinan.

"Ini sebagian warga di Kelurahan kelutan mengungsikan barang-barangnya ke tempat yang lebih aman, seperti ke mushola maupun masjid, karena airnya sudah masuk kedalam rumah " kata Sala satu warga, Imam, Rabu.

Menurutnya air meluap ke perkampungan warga sekitar pukul 2.45 WIB, setelah dua buah tanggul di sungai Ngasinan jebol karena tidak mampu menampung tingginya curah hujan yang terjadi lebih dari lima jam.

"Curah hujan semalam memang cukup tinggi dibanding hari-hari sebelumnya, mulai jam sembilan malan sampai jam tiga pagi hujannya tidak berhenti,"katanya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Trenggalek, Suprapto mengatakan banjir kali ini merandam empat desa yakni Kelurahan Tamanan, Ngares serta kelutan Kecamatan Trenggalek dan Desa Ngadirenggo di Kecamatan Pogalan.

Lanjut dia seluruh wilayah yang terendam banjir tersebut berada di bantaran sungai Ngasinan yang rutin menjadi langganan banjir.

"Saat ini kami masih melakukan pemantauan dilapangan, tapi kondisinya tidak terlalu parah, karena air ini datangnya landai. Sedangkan untuk yang di Ngares sudah surut," kata mantan direktur PDAM Trenggalek ini.

Dari data sementara yang diterima BPBD Trenggalek, luapan air sungai tersebut tidak sampai menyebabkan korban jiwa ada korban jiwa maupun kerusakan infrastruktur parah.

Namun Prapto mengingatkan agar warga terus melakukan kewaspadaan, terutama bajir kiriman dari kawasan pegunungan , mengingat curah hujan di kawasan pegunugan Kecamatan Pule hingga pagi ini mamsih cukup tinggi.

"Khawatirnya kalau hujan di Pule ini tidak segara reda akan memperparah banjir yang terjadi. Namun tadi kami sempat dapat informasi juga, untuk Kecamatan Bendungan dan Tugu hujannya sudah reda," jelasnya.

Sementara itu, kabag Humas dan Protokol Pemkab Trenggalek, Yuli Priyanto mengatakan, untuk menangani korban banjir saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan dinas terkait.

"Kalau nanti memang memerlukan pendirian dapur umum maka akan segera kami lakukan,"katanya.

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India