KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Senin, 13 Februari 2012

KASUS DEMAM BERDARAH DI TRENGGALEK MULAI MENINGKAT



Trenggalek, 13/2 (ADSFM) - Jumlah penderita demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Trenggalek, Jawa timur mulai mengalami penigkatan tajam selama dua bulan terakhir ( Januari-Pebruari).

"Berdasarkan laporan yang masuk jumlah yang masuk ke dinas kesehatan sampai saat ini sebanyak 31 kasus, rinciannya, 30 kasus terjadi pada bulan Januari dan satu kasus pada minggu pertama bulan Pebruari," Kabid Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek, Suparman, Senin.

Jumlah tersebut menurut Parman meningkat tiga kali lipat dibanding pada bulan Desembar tahun 2011 yang lalu, yakni kurang dari 10 kasus.

Penyakit yang dalam bahasa medis disebut Dengue Hemorrhagic Fever (DHF) itu sebagian besar menyerang warga di Desa Karangan Kecamatan Karangan, namun tidak smpai menyebabkan korban meninggal dunia.

"Untuk kasus di Karangan ini kami telah melakukan tindakan penanganan berupa pengasapan atau fogging, tujuannya agar nyamuk-nyamuk dewasa mati," katanya.

Menurutnya, untuk memutuskan perlu tidaknya pengananan berupa pengasapan, petugas dinas kesehatan berpatokan pada standar pengendalian DBD yang telah ditetapkan oleh kementerian kesehatan.

"Syaratnya, harus ada korban yang meninggal dunia atau menyerang lebih dari dua orang dalam lingkup satu RT, tapi perlu diingat cara ini (fogging) tidak bisa membunuh jentik nyamuknya," jelasnya.

Sementara itu Suparman meramalkan, kasus demam berdarah masih akan terus terjadi selama dua bulan kedepan, mengingat saat ini berada pada masih musim penghujan.

Ia mengingatkan, agar masyarakat tetap waspada terhadap serangan DBD meskipun curah hujan di Trenggalek saat ini mulai berkurang, hal itu dilakukan karena jentik nyamuk aides aigepty biasanya akan mudah menetas pada saat intensitas hujan mulai berkurang.

"Jadi yang berbahaya itu justru saat-saat seperti ini, satu hari hujan dua hari cerah atau sebaliknya, hal inilah dipakai berkembangbiakan nyamuk pembawa DBD tersebut," ucapnya.

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India