KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Kamis, 23 Februari 2012

POLISI TRENGGALEK TAHAN DUA PELAJAR PENCURI RATUSAN ROKOK




Trenggalek, 23/2 (ADSFM) - Kepolisian Trenggalek, Jawa Timur menahan dua pelajar yang diduga menjadi pelaku pencurian ratusan bungkus rokok di salah satu toko di Desa/Kecamatan karangan, kabupaten Trenggalek.

Kasubag Humas Polres Trenggalek, AKP Siti Munawaroh, Kamis, mengatakan, para pelaku masing-masing AF (17) dan BP (18) keduanya warga Desa/Kecamatan Karangan yang diidentifikasi masih pelajar di dua SMK swasta di kecamatan setempat.

"Barang bukti yang berhasil kami sita berupa 161 bungkus rokok dari berbagai jenis dan merek, dua pasang sandal milik pelaku, sepeda pancal, sepeda motor, palu dan sebuah HP," katanya.

Siti menambahkan untuk proses ukum lebih lanjut kedua pelaku terancam dijerat dengan pasal 363 KUHP, karena telah melakukan pencurian dengan disertai pemberatan.

"Kami ancam dengan pasal pemberatan karena para pelaku ini masuk kedalam toko dengan cara mencongkel pintu dengan menggunakan palu," jelasnya.

Sementara itu, salah satu pelaku AF mengaku sudah dua kali melakukan aksi pencurian. ia nekat membobol toko sedang membutuhkan uang untuk membayar tunggakan SPP sekolah."Karena sudah beberapa bulan ini belum dikasih uang oleh orang tua," kata AF kepada polisi sambil menangis.

Namun polisi tidak yakin dengan pengakuan itu, pasalnya sebeelum melakukan pencurian, Rabu (22/2) dii hari, kedua pelaku terlebih dahulu pesta minuman keras bersama bebera remaja lainnya.

Untuk memastikan modus pencurian tersebut, hari ini (Kamis,23/2) penyidik Unit perlindungan perempuan dan anak (UPPA) memeriksa para pelaku dan sejumlah saksi yang ikut dalam pesta minuman keras.

AKP Siti Munawaroh menceritakan, kasus pencurian tersebut berawal sekitar jam 21.00 WIB hingga 01.00 WIB kedua pelaku serta sejumlah remaja lainnya menggelar pesta miras plosan.

"Setelah itu teman-teman pelaku pulang, sedangkan AF dan BP menuju toko milik Winarti di Desa/Kecamatan Karangan untuk melakukan aksi pencurian," ujarnya.

Dengan berbekal sebuah palu yang telah dipersiapkan sebelumnya, kedua pelajar tersebut mencongkel pintu gembok pintu toko dan selanjutnya menguras seluruh rokok yang tersimpan di etalase.

"Namun saat mereka mau keluar, aksi tersebut diketahui pemilik toko. Akhirnya tanpa berfikir panjang pelaku ini langsung lari tunggang-langgang dengan meningggalkan barang hasil curiannya," imbuh Siti.

Saat polisi melakukan olah TKP, ditemukan sejumlah barang-barang miik pelaku yang ketinggalan, diantaranya, sepeda motor, sepeda pancal, dua pasang sandal dan sebuah HP.

"Dari petunjuk itu kemudian anggota (polisi) menanggong di lokasi kejadian dan selang beberapa lama pelaku ini kembali kelokasi dengan maksud mengambil barang yang ketinggalan, ya sudah dari situ langsung kami tangkap," jelas Siti merinci.

Sementara itu ayah AF, Sarkun, saat ditemui ADSFM di kantor polisi mengaku pasrah dengan kejadian yang menimpa anaknya, ia menyerahkan semua proses hukum kepada pihak yang berwajib.

"Nggih pasrah mawon pripun keputusane mangke (Ya pasrah saja bagamimana nanti keputusannya), saya akui memang sampai saat ini belum bisa membayar uang tunggakan sekolah anak saya,"ujarnya.

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India