KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Jumat, 16 Maret 2012

NELAYAN PENYELAMAT IMIGRAN DIPENJARA




Trenggalek, 16/3 (ADSFM) - Kepolisian Air dan Udara (Airud) Prigi, Trenggalek, menangkap Mohammad Nurjambe alias Jambe (35) nelayan penyelamat 34 imigran karena diduga menjadi pelaku 'ilegal fishing'.

"Hari Senin (12/3) berkas tujuh tersangka langsung kami limpahkan ke Kejaksaan Negeri Trenggalek untuk proses hukum lebih lanjut," kata Kasatpol Airud Prigi, Iptu Ali Muzakir, Jumat.

Muzakir membenarkan bahwa dari tujuh tersangka tersebut salah satunya adalah Mohammad Nurjambe alias jambe (35) warga Desa Tasikmadu Kecamatan watulimo yang tidak lain adalah nahkoda kapal mina ciamis yang memberikan pertolongan para imigran asal timur tengah yang tenggelam di perairan prigi Desember tahun lalu.

"Sedangkan yang lainnya adalah pemilik kapal, atas nama Matjuki dan anak buah kapal (ABK)," katanya.

Para pelaku diduga melakukan pencarian ikan secara ilegal karena menggunakan mesin kompresor. Hal itu menurut Muzakir melanggar pasal 12 dan 9 Undang-Undang nomor 45 tentang perikanan.

"Untuk ancamannya ada yang lima tahun da juga yang satu tahu, tergantung dari peran masing-masing daam menjalankan aksinya," Imbuhnya.

Lebih lanjut pria berpangkat inspiktur polisi satu ini menjelaskan, ulah para tersangka telah menjadi incaran polisi sejak beberapa bulan yang lalu karena meresahkan para nelayan yang lain.

"Mereka kami tangkap tanggal 15 Januari, Saat kapalnya mau masuk ke pelabuhan, selain itu kami juga menyita barang bukti sebuah kapal jenis katir 'Mina ciamis', kompresor, selang, masker dan beberapa udang asil tangkapan," kata Ali Muzakir.

Ia menegaskan, penangkapan tersebut tidak terkait dengan jasa Jambe yang telah melakukan penyelamataan para imigran, namun murni kasus 'ilegal fishing'.

"Ini adalah bentuk dari penegakan hukum, kami tidak pandang bulu. Hal ini sekaligus pembelajaran untuk kita semua agar mematuhi aturan perundang-undangan yang berlaku," ujarnya.

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India