KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Selasa, 06 Maret 2012

BPBD BERHARAP PERDA BENCANA SEGERA DISAHKAN



Trenggalek, 6/3 (ADSFM) - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur berharap rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang bencana alam segera disahkan.

"Karena perda ini nanti akan menjadi payung hukum kepada BPBD untuk bisa segera mengambil langkah apabila sewaktu-waktu terjadi bencana alam," kata kepala Pelaksana BPBD kabupaten Trenggalek, Joko Rusianto, Selasa.

Ia menjelaskan dalam rancangan perda tersebut dijelaskan secara rinci tentang tata cara serta prosedur tatap pemberian bantuan kepada para korban bencana alam.

"Yang jelas perda itu akan mempermudah kami, contohnya kalau ada korban rumah roboh itu berapa bantuan yang harus kami berikan, kemudian kalau ada korban luka atau meninggal dunia bagaimana, itu sudah dijelaskan," ujarnya.

Joko menjelaskan, peraturan baru tersebut sangat diperlukan untuk memperlancar kinerja BPBD, mengingat wilayah Trenggalek setiap tahun selalu menjadi langganan bencana alam, banjir dan tanah longsor.

Lebih lanjut ia menjelaskan belum disahkannya perda tersebut, pemberian bantuan kepada korban bencana alam sedikit terhambat karena harus menunggu instruksi dari kepala daerah.

"Untuk sekarang perdanya masih dalam proses, kalau tidak salah masih di evalusai di provinsi, doakan saja segera disetujui dan di sahkan," imbuhnya.

Sementara itu untuk mematangkan penanganan bencana alam di wilayah Trenggalek, joko mengaku pihaknya telah melakukan evaluasi dengan beberapa sektor, diantaranya PMI, Orari, dinas kesehatan serta beberapa SKPD terkait.

"Dari evaluasi yang kami lakukan ada beberapa hal yang perlu kami perbaiki, salah satunya adalah dapur umum, disitu kami masih belum memiliki alat masak yang bisa menanak nasi antara 50 sampai dengan 100 kilogram sekaligus," kata Joko.

Namun hal tersebut akan segera teratasi, karena saat ini tim BPBD Trenggalek telah mengajukan paket bantuan dapur umum ke BPBD provinsi Jawa Timur.

"Untuk koordinasi lintas sektor kami rasa sudah berjalan dengan baik, termasuk teman-teman dari orari juga sangat membantu dalam hal komunikasi," ungkapnya.

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India