KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Jumat, 09 Maret 2012

EMPAT RUMAH TERTIMPA LONGSOR, SATU KELUARGA MENGUNGSI



Trenggalek, 9/3 (ADSFM) - Empat rumah warga di Desa Ngadimulyo Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur rusak berat akibat tertimpa tanah longsor.

"Rumah tersebut masing-masing milik Katiyem RT 25/6, selanjutnya rumahnya Samijo RT 26/6, Warini RT 18/4 dan rumah milik Samijo RT 18/4," kata anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Trenggalek, Tutus, Jumat

Ia menjelaskan, kerusakan yang terjadi akibat tanah longsor tersebut masuk dalamkategori berat, karena sebagian dinding rumah jebol, bahkan salah satu rumah kini harus dikosongkan karena tidak layak untuk ditempati.

"Yang mengungsi ini keluarga katiyem, karena hampir semua bagian rumahnya hancur dan berbahaya kalau ditempati," imbuhnya.

Lebih lanjut Tutus menceritakan, peristiwa longsor tersebut terjadi pukul 2.00 WIB dini hari dan 7.00 WIB setelah diguyur hujan lebih dari lima jam.

Lokasi rumah yang tertimpa ambrolan tanah tersebut berada di bawah tebing dan sangat sulit untuk dijangkau, bahkan tim BPBD sempat kewalahan meski menggunakan motor trail.

"Struktur tanah di kawasan Ngadimulyo ini adalah tanah liat dan padas, sehingga apabila turun hujan dengan intensitas tinggi dan air itu masuk kedalam tanah maka rawan sekali longsor, belum lagi lahannya juga gundul," kata Sekretaris BPBD Kabupaten Trenggalek, Suprapto.

Ia menambakan tim BPBD Trenggalek telah diterjunkan ke lokasi untuk membantu proses evakuasi serta pembersihan material longsor bersama warga sekitar.

Pihaknya memprediksi kerugian akibat peristiwa itu mencapai Rp30 juta dan saat ini masih dilakukan penyusunan laporan untuk dikirimkan ke Bupati Trenggalek.

"kalau mengenai bantuan kami belum bisa menentukan, tapi kemungkinan besar ada. Makanya sekarang laporkan dulu ke pimpinan," kata bekas direktur PDAM Trenggalek ini.

Lebih lanjut Suprapto mengimbau agar warga yang berada di kawasan rawan longsor untuk meningkatkan kewaspadaan terutama saat turun hujan.

Ia juga meminta pengendara sepeda motor maupun mobil lebih berhati-hati ketika melintasi jalan raya Kampak-MUnjungan, selain medannya sulit, jalur utama antar kecamatan itu rawan terjadi tanah longsor.

"Seperti kemarin (Kamis. 8/3) jalur Kampak-Munjungan sempat terputus selam sembilan jam karena terimbun tanah longsor, tepatnya di dusun Jedeg masuk Desa Ngadimulyo. Jalur baru kembali normal sekitar jam setengah lima sore setelah kami datangkan alat berat," katanya.

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India