KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Jumat, 16 Maret 2012

NELAYAN TRENGGALEK TOLAK KENAIKAN HARGA BBM


Trenggalek, 16/3 (ADSFM) - Sejumlah nelayan di sekitar Pelabuan Nusantara Prigi, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur menolak rencana pemerintah yang akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, April.

"Yang jelas kami sebagai nelayan maupun pengusaha kapal sangat keberatan, karena biaya operasional yang dibutuhkan pasti akan membengkak, buktinya sekarang saja harga kebutuhan pangan sudah mulai naik," kata nelayan setempat, Subari. Jumat.

Ia menjelaskan, dalam sekali melaut membutuhkan solar sebanyak 300 liter, sehingga pengusaha kapal minimal harus mengeluarkan anggaran Rp1.5 juta untuk membeli bahan bakar dan kebutuhan puluhan anak buah kapal (ABK).

"Jumlah itu ketika BBM belum naik, belum lagi untuk perawatan mesin kapal juga membutuhkan biaya tersendiri, kalau pada saat musim ikan masih bisa tertutupi, tapi ketika sepi tangkapan bagaimana," kata salah satu pemilik kapal ini.

lanjut Subari, rencana pemerintah menaikkan harga BBM akan berdampak langsung terhadap penghasilan para nelayan, pasalnya saat ini ribuan nelayan di perairan Prigi tidak melaut karena cuaca buruk.

Ia memprediksi musim penen ikan masih akan terjadi pada bulan Juni mendatang, sehingga beberapa bulan kedepan pihaknya hampir dipastikan akan mengalami kerugian puluhan juta rupiah.

"Hal itu bukan tanpa alasan, sekarang ini hanya seperempatnya saja nelayan yang melaut, namun terkadang pulang tanpa hasil sama sekali, itu jelas rugi," Ujarnya.

Sementara itu nelayan lain, Yudi, berharap pemerintah memberikan perhatian terdahap keberlangsungan hidup nelayan, dengan memberikan subsidi khusus dalam bentuk lain.

"Kami tidak tahu seperti apa nanti bentuknya, tapi yang jelas kenaikan BBM beberapa tahun yang lalu kan ada semacam bantuan langsung tunai atau pemberian lain dalam bentuk bahan pangan," katanya.

Disisi lain, Kapolres Treggalek, AKBP Totok Suhariyanto mengimbau agar nelayan tidak panik terhadap rencana kanaikan harga solar dan bensin.

"Asalkan membawa surat keterangan dari pelabuhan pasti akan dilayani, tapi jangan sampai melakukan upaya penimbunan BBM karena hal itu melanggar hukum," katanya.

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India