KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Rabu, 25 Agustus 2010

Jatim Sumbang Sepertiga Penurunan Angka Kemiskinan Nasional

Reporter : Dhimas Saputra

Trenggalek - Propinsi Jawa Timur menyumbang pengurangan angka kemiskinan tingkat nasional sebesar 32.74 persen atau 493.290 jiwa .

Disampaikan Gubernur Jawa timur,Soekarwo,saat pembagian sembako di Trenggalek,Selasa (24/8/2010), Angka kemiskinan diseluruh indonesia tercatat 32 juta jiwa per maret 2009, sedangngkan pada maret 2010 turun 1.506.800 jiwa menjadi 31 juta jiwa.

"jadi dari 33 propinsi di seluruh indonesia ini, sepertiga penurunan angka kemiskinanya itu dari jawa timur" kata Soekarwo.

Ia menjelaskan keberhasilan penurunan angka kemiskinan tersebut didukung oleh beberapa faktor diantaranya, Berkembangnya Usaha mikro kecil (UMKM) serta meningkatnya nilai tukar petani .

"sekarang HPP (harga patokan petani) gabah kering panen sudah Rp 3.200, ini berarti naik dari Rp 2.640" kata Pak De , panggilan akrab Soekarwo.

Selain itu, untuk menurunkan kembali angka kemiskinan di jawa Timur , pemprov Jatim akan menggelontorkan program bantuan kepada 116 ribu rumah tangga miskin (RTSM).Bantuan yang diberikan berupa modal usaha untuk usia produktif sebesar Rp 2.5 juta .Sedangkan untuk warga yang sudah lanjut usiaakan di subsidi pemerintah sebesar Rp 150 tibu per bulan dan bantuan beras miskin (Raskin).

"Misalkan kalau , ada masyarakat di pinggir hutan ingin memelihara tawon madu maka akan kita bantu dengan glodokan senilai Rp 2.5 juta" kata Pak De.

Demikian juga apabila ada masyarakat RTSM yang ingin ternak lele, pemprov jatim berjanji akan memberikan bantuan berupa plastik terpal sebagai pendukung tempat pemeliharaan lele tersebut.

Namun disisi lain pak De Karwo mengharapkan agar pemerintah kabupaten di Jawa Timur bisa terus mengenjot usaha kecil dan menengah dengan menyukseskan program yang sudah dicanangkan oleh pemrov Jatim. (dim)

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India