KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Jumat, 11 November 2011

KEKERINGAN DI TRENGGALEK BELUM BERAKHIR


Trenggalek, 11/11 (ADSFM) - Datangnya musim penghujan di kawasan Trenggalek, Jawa Timur sejak seminggu terakhir belum mengurangi jumlah desa yang mengalami kekeringan.

"Kelihatannya hujan beberapa hari ini belum berdampak terhadap sumber air di desa-desa yang mengalami kekeringan," kata kabag Humas Pemkab Trenggalek Yoso Mihardi, Jumat.

menurutnya, sampai saat ini jumlah desa yang mengalami kekeringan masih tetap 24 desa yang tersebar di 14 kecamatan, kecuali Kecamatan Gandusari dan Durenan.
Sehingga PDAM setempat masih terus mengirimkan bantuan air bersih ke kawasan pegunungan yang mengalami krisis air.

"Meskipun sudah turun hujan sejak beberapa hari yang lalu, namun intensitas hujan yang tinggi baru terjadi dua hari ini sehingga sumur warga masih banyak yang asat (Kering)," katanya.

Dari data di Pemkab Trenggalek, jumlah air bersih yang telah dikirimkan ke 24 desa sebanyak 1660 tangki, jumlah tersebut menurut Yoso kemungkinan besar akan terus bertambah.

"Namun warga tidak perlu khawatir, selama air bersih masih belum tersedia, pemerintah kabupaten akan terus memberikan bantuan, mengingat air bersih ini adalah kebutuhan utama yang harus terpenuhi," ucap Yoso meyakinkan.

Kekeringan di Kabupaten Trenggalek terjadi sejak pertengahan bulan Agustus yang lalu, pada awalnya jumlah desa yang mengalami kekeringan hanya 14 desa namun pada awal bulan Oktober jumlahnya membengkak menjadi 24 desa yang tersebar 12 kecamatan.

Untuk mengatasi kekeringan tersebut Pemrov Jatim mengucurkan bantuan Rp5 juta per minggu yang dipergunakan untuk membeli air bersih di PDAM setempat.

"Air bersihnya dibantu pemrov, sedangkan pemkab menyediakan anggaran untuk transportasi pengiriman air tersebut," Kata Yoso Mihardi.

Selain itu Pemkab Trenggalek juga telah menyiapkan anggaran bantuan air bersih sebanyak Rp80 juta yang berada dibawah kendali Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Trenggalek.

"Insya-allah dananya mencukupi, apalagi kami juga punya anggaran tak terduga di APBD induk, kita berharap kekeringan ini sgera berakhir," harapnya.

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India