KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Rabu, 26 Oktober 2011

SATU BALITA TRENGGALEK TERINFEKSI DIFTERI


Trenggalek, 26/10 (ADSFM) - Satu balita di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur diduga kuat terinfeksi penyakit difteri.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Trenggalek, Suparman mengatakan balita yang trinfeksi difteri tersebut berinisial KL (4.5) warga Desa karangrejo Kecamatan Kampak.

"Kasus ini Kami temukan di sekitar seminggu yang lalu dan kebetulan yang bersangkutan (KL) adalah anak dari bidan desa sehingga cepat terdeteksi," katanya.

suparman menjelaskan saat ini KL telah dirujuk ke rumah sakit dr Soetomo Surabaya untuk menjalani pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut.

Untuk mengantisipasi penularan penyakit mematikan tersebut, dinas kesehatan setempat langsung mengambil sampel darah anggota keluarga KL dan sejumlah perawat yang menangani di Trenggalek.

"Ada 20 sampel yang kami ambil, terdiri dari anggota keluarga dan perawat di rumah sakit anak HST Trenggalek yang sebelumnya merawat penderita," jelas pria yang akrab dipanggil Parman ini.

Selanjutnya sampel darah tersebut akan dilakukan pemeriksaan intensif di Balai Kesehatan Surabaya.

"kemungkikan seminggu lagi hasilnya sudah bisa diketahui, apakah ada yang tertular apa tidak , saya berharap hasilnya nanti negatif," ucapnya sambil berharap.

Lanjut dia, apabila dari pemeriksaan di laboratorium tersebut menunjukkan hasil positif, dinas kesehatan akan melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap beberapa orang yang rawan tertular.

"penularan difteri inikan bisa melalui udara, sehingga beberapa orang maupun anak lain yang sering berinteraksi dengan KL akan kami ambil sampel darahnya juga," katanya.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyatakan kejadian luar biasa (KLB) terhadap serangan penyakit difteri di wilayahnya.

Dari kabupeten/kotadi Jatim, hanya empat daerah yang bebas difteri yakni Kabupaten Pacitan, Trenggalek, Magetan dan Ngawi.

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India