KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Senin, 09 April 2012

POLISI AMANKAN DUA MORTIR DARI PENJUAL RONGSOKAN




Trenggalek, 9/4(ADSFM) - Kepolisian Resor Trenggalek, Jawa Timur mengamankan dua besi tua yang diduga mortir peninggalan masa penjajahan Belanda dari seorang pedagang barang bekas.

Kasat Reskrim Polres Trenggalek, AKP Supriyanto, Senin, mengatakan mortir tersebut diamankan dari Sadar (60) warga Desa Cakul Kecamatan Dongko, sekitar pukul 08.00 WIB, setelah yang besangkutan melapor ke Polsek Dongko.

"Tadinya bahan peledak ini dibeli Sadar dari Redi warga Desa Pringapus Kecamatan Dongko dengan harga Rp 36ribu. Mereka tidak tahu kalau itu adalah mortir, kemudian saat saudara Sadar melakukan pemilahan rongsokan kaget karena bentuknya mirip peluru," katanya.

Menurutnya, dari keterangan saksi, benda tersebut secara tidak sengaja ditemukan Redi di hutan di wilayah Popoh Tulungagung, karena dikira hanya besi tua biasa akhirnya dibawa pulang ke rumahnya di Dongko.

Lebih lanjut perwira berpangkat ajun komisaris polisi ini menjelaskan, mortir tersebut memiliki berat masing-masing 6 Kilogram dengan panjang 24CM dan 30CM

Pihaknya berencana melaporkan penemuan itu ke tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Polda Jatim, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Jadi kami belum bisa memastikan apakah benda ini masih aktif atau tidak, kami juga tidak bisa mengetahui tahun pembuatannya, karena secara fisik kondisinya sudah berkarat," ujarnya.

Untuk sementara mortir-mortir yang diperkirakan peninggalan masa penjajaan Belanda itu akan disimpan di Mapolres Trenggalek.

Sementara itu dari hasil pengecekan yang dilakukan petugas Koramil Dongko, benda lonjong tersebut adalah mortir jenis fuse depan dan diperkirakan masih aktif, karena masih lengkap dengan pemicunya.

"Tadi sudah kami bawa ke Koramil, katanya mortir ini tipe 60 dan 80," kata salah satu anggota polisi.

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India