KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Selasa, 03 April 2012

POLISI AKAN PROSES PELAKU PERUSAKAN PENDOPO TRENGGALEK

Trenggalek, 3/4 (ADSFM) - Kepolisian Trenggalek, Jawa Timur akan memproses secara hukum pihak-pihak yang melakukan perusakan sejumlah fasilitas umum di lingkungan pendopo dan alun-alun setempat pada saat unjuk rasa, Senin.

"Yang jelas terkait aksi perusakan itu, kami masih melakukan upaya penyelidikan untuk mencari tahu siapa-siapa pelakunya," kata Kasubbag HUmas Polres Trenggalek, AKP Siti Munawaroh, Selasa.

Ia menjelaskan apabila terbukti melakukan tindakan peruskan, polisi bakal menjerat para tersangka dengan pasal 170 KUHP dengan ancaman hukuman diatas lima tahun.

Sebagai langkah awal, polisi akan memanggil sejumlah saksi dari pemerintah kabupaten untuk dimintai keterangan oleh penyidik reskrim.

"Ada juga beberapa media mingguan, mereka akan kami panggil karena sebelumnya melapor ke polres dan mengaku sejumlah pot bunga yang dipecah para demonstran adalah milik media tersebut yang disumbangkan ke pemda," ujar Siti.

AKP Siti Munawaroh menambahkan, tim penyidik telah memiliki sejumlah bukti terkait aksi perusakan saat unjuk rasa ribuan warga Kecamatan Munjungan tersebut, baik berupa foto maupun video.

"Video dan foto itu akan menjadi bukti awal kami untuk mengungkap siapa saja yang terlibat dalamaksi perusakan itu," kata perwira dengan pangkat tiga balok di pundak ini.

Sementara itu terkait aksi unjuk rasa yang berlangsung ricuh tersebut, polisi enggan dipersalahkan, Siti mengklaim telah maksimal dalam melakukan upaya pengamanan.

"Kemarin itu ada 150 angkota yang kami kerahkan ke sana (lokasi unjuk rasa), jumlah tersebut sudah cukup untuk mengaantisipasi munculnya aksi anarkis," ujarnya beralasan.

Ia justru menuding pemicu aksi anarkis dalam demonstrasi kemarin adalah kelambanan pihak Pemda Trenggalek dalam merespon aspirasi masyarakat.

"Seandainya pihak pemda langsung menemui massa, kami yakin akan aksi brutal warga tidak sampai terjadi, karena seelumnya para demonstran ini sudah berkomitmen untuk berujukrasa secara damai. Namun karena jumlah massa banyak dan dipicu sikap seperti itu ya akhirnya pecah," imbuhnya.

Sebelumnya, Senin (2/4), seribu lebih warga Kecamatan Munjungan, Trenggalek, berunjuk rasa menuntut perbaikan ruas jalan Kampak-Munjungan di pendopo kabupaten.

Aksi unjuk rasa tersebut berlangsung ricuh, warga yang jengkel melakukan perusakan puluhan pot bunga, lampu taman yang berada di sekitar pendopo dan alun-alun Trenggalek. Selain itu massa juga membakar sejumlah kursi pertemuan milik pendopo.

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India