KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Selasa, 05 Oktober 2010

Sukarwo : Kerusuhan Adalah Masalah Serius

Reporter : Adhar Muttaqin

Trenggalek - Gubernur Jawa Timur , Sukarwo , mengaku prihatin dengan meningkatnya angka kesusuhan antar masyarakat di beberapa daerah belakangan ini. Bahkan ia menganggap, masalah ini cukup serius dan harus segera dipecahkan.

"Kita Prihatin dengan masalah serius yang sedang melanda Republik ini,kenapa sampai terjadi kerusuhan tarakan dan di daerahlain" kata Sukarwo.

Disela sela pelantikan Bupati Trenggalek, Sukarwo menambahkan , munculnya kerusuhan tersebut salah satunya dipicu kurangnya komunikasi antara tokoh masyarakat serta pimpinan daerah dengan masyarakat setempat.

"Saya yakin kalau kepala daerah mejalankan sistem demokrasi substantif , yakni pemimpinanya yang akan melakukan pendekatan"kata Sukarwo.

Lanjut dia, dalam menyelesaian sebuah konflik yang paling dibutuhkan adalah komunikasi. Karena dengan jalan itu, sebuah konflik tidak akan bermuara pada kerusuhan.

"Nggak ada yang nggak bisa dibicarakan ,karena sebetulnya adalah orang ,dan orang ciri khasnya adalah komunikasi" imbuh Pak Dhe, sapaan akrab Sukarwo.

Untuk mencegah terjadinya konflik di wilayah Jawa Timur, Sukarwo menghimbau agar Tokoh masyarakat,pimpinan dewan serta Bupati dan wali kota yang berada dibawah keppemimpinanya, untuk selalu mengedepankan jalan dialog pada saat menyelesaikan sebuah perselisihan.

"Kita gelisah dengan keretakan keratakan belakangan ini, makanya saya mohon kepada bupati,tokoh masyarakat serta pimpinan dewan agar mendahulukan jalan komunikasi saat penyelesaaan konflik" imbuh Pak Dhe.

Selain itu apabila terjadi perselisihan yang melibatkan ormas maupn kelmpok tertentu, Gubernur Jawa Timur itu meminta agar diselesaiakn dengan kepala dingin dan tidak saling tuding.

"Kalu bisa telunjuknya ini dikurangi, artinya jangan sampai bilang , kamuuuu..ituuu.." ucap Sukarwo.

Sementara itu meskipun di jawa timur , terdapat berbagai macam golongan dan latar belakang sosial, Pria berkumis tebal ini optimis ,wilayah Jawa Timur akan terhindar dari konflik yang bisa berakibat pada kerusuhan.

"Yang jelas kuncinya adalah Komunikasi, kita berdoa semoga Jawa Timur Terhindar dari kerusuhan" pungkasnya. (qin)

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India