KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Minggu, 24 Oktober 2010

Larung Sembonyo Meriah


Reporter : Dhimas Saputra
Trenggalek (adsfm) - Upacara adat larung sembonyo di pantai Prigo Kecamatan Watulimo, minggu siang (24/10) berlangsung meriah. Ribuan warga tumplek blek menyaksikan event tahunan ini.

Dimulai dari balai Desa Tasikmadu ,Watulimo, sebuah tumpeng raksasa dan sekeranjang sesaji diarak oleh puluhan tokoh desa setempat yang memakai pakaian adat jawa menuju tempat pelelangan ikan (TPI) . Sesampai di TPI Nusantara prigi acara dilanjutkan dengan pembacaan asal usul tradisi larung sembonyo , selain itu juga ada beberapa prosesi berupa langen tayub serta kuda lumping.

Setelah prosesi adat selesai, tumpeng agung serta sesaji yang telah disiapkan tersebut dinaikan diatas rakit yang kemudian di tarik menggunakan kapal menuju ketengah laut untuk ditenggelamkan secara baramai ramai.

Sementara itu dalam sambutanya ,Bupati Trenggalek Mulyadi WR mengatakan ,acara larung sembonyo ini bukan hanya menjadi agenda warga pesisir pantai prigi saja , namun juga merupakan acara rutin yang dijadikan salah satu daya tarik wisata di pantai Prigi.

"Saya ingat , dulu acara ini hanya dilakukan oleh warga sekitar sini , kemudian saya berinisiatif untuk mengangkat acara ini menjadi daya tarik wisata dan alhamdulillah sampai sekarang masih tetap dilaksanakan"kata Mulyadi.

Lanjutnya, dengan adanya sembonyo tersebut, diharapkan musim paceklik ikan segera berakhir dan hasil yang tangkapan ikan nelayan menjadi melimpah. selain itu mulyadi juga mayampaikan , ditahun 2013 nanti jalur lintas selatan (JLS) yang saaat ini sedang dibangun , sudah bisa menghubungkan antara kabupaten Pacitan hingga Kabupaten Malang. Dengan demikian diharapkan perekonimian masyarakat pesisir selatan jawa lebih meningkat.

"Tadi pak lurah mengatakan saat ini kondisi tangkapan ikan masih memprihatinkan karena adanya cuaca buruk , dengan larung sembonyo ini ,semoga hasil tangkapan ikan nelayan menjadi banyak" imbuh suami Peny Sugiarti ini.

Kedepan diharapkan pantai prigi semakin berkembang dan andalan wisata di jawa timur. " semoga nanti ada investor yang mau bekerjasama , sehingga pantai prigi bisa lebih maju" papar Milyadi.

Lantas ia mencontohkan , salah satu hasil kerjasama dengan investor adalah Wisata Bahari Lamongan (WBL) di Kabupaten Lamongan , yang saat ini menjadi andalan wisata di Jawa Timur . " kalau saya lihat ,potensi antara WBL dan pantai prigi itu lebih lebih bagus prigi , makanya sini harus bisa lebih baik" pungkasnya. (dim)

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India