KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Selasa, 10 April 2012

BP3 TROWULAN TELITI PENEMUAN SITUS DI SEMARUM DURENAN

Trenggalek, 10/4 (ADSFM) - Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan, Mojokerto mulai meneliti penemuan situs candi kuno di Desa Semarum, Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek.

"Kemarin kami mendatangi lokasi penemuan dan sudah melihat serta melakukan identifikasi, namun untuk hasilnya belum bisa diketahui, saat ini masih dirapatkan di BP3 Trowulan," Koordinator lapangan BP3 Trowulan wilayah Tulungagung-Trenggalek, Hariyadi, Selasa.

Menurutnya untuk bisa memastikan peradaban serta tahun pembuatan situs tersebut harus dilakukaan penelitian lebih mendalam oleh Balai Arkeologi (Balar) Yogjakarta.

"Karena BP3 Trowulan itu sifatnya hanya sebatas melakukan identifikasi awal, selanjutnya hasil itu akan dilaporkan ke Balar Yogjakarta untuk ditindak lanjuti dan dilakukan penggalian, jadi prosesnya panjang,"katanya.

Tim BP3 Rabu besok akan kembali mendatangi lokasi untuk melakukan pengambilan foto bangunan bersejarah tersebut sebagai data tambahan sebelum dilaporkan ke balai akreologi.

Sementara itu dari pengamatan bentuk batu bata serta susunan bangunannya, Hariyadi memperkirakan situs yang ditemukan oleh Kaseni dan Qosim tersebut adalah pagar sebuah candi.

"Kemarin itu kami juga melakukam pengukuraan ternyata panjangnya mencapai 24 meter. Biasanya pagar sebuah candi itu bentuknya adalah persegi bukan persegi panjang, sehingga dimungkinkan bangunan itu sampai dirumah warga," ujarnya kepada wartawan.

Sementara itu Kabid Promosi Wisata dan Budaya Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Trenggalek, Suparlan mengatakan bangunan kuno yang terbuat dari susunan batu bata dimungkinkan adalah peninggalan masa kerajaan Majapahit.

"Karena ciri khas utama dari banguanan peninggalan Majapahit itu adalah batu batanya itu, tapi untuk kepastiannya kita tunggu saja penelitian dari ahlinya" katanya.

Ia memperkirakan situs-situs serupa banyak terdapat di bantaran sungai Durenan, mengingat pada masa kejayaan Majapahit, aliran sungai menjadi salah satu moda transportasi utama.

"Karena ada temuan yang lain di Desa Kamulan yang batuannya mirip dengan yang di Semarum, tapi kondisnya sudah berserakan," ujar pria yang akrab disapa Parlan ini.

Terkait laporan temuan lain itu, tim BP3 trowulan berencana melakukan penyisiran di sejumlah lokasi di Kecamatan Durenan yang dimungkinkan terdapat benda-benda serta bangunan peninggalan masa kerajaan.

"Akan kami coba datangi lokasinya sesuai informasi dari Dinas Pariwisata Trenggalek," kata Hariyadi.

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India