KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Kamis, 08 Maret 2012

HARGA KEBUTUHAN POKOK DI TRENGGALEK MULAI NAIK



Trenggalek, 8/3 (ADSFM) - Sejumlah harga kebutuhaan pokok di pasar tradisional di Trenggalek, Jawa Timur mulai merangkak naik sejak sepekan terakhir.

Salah satu pedagang sembako di Pasar Basah Trenggalek, Sunarti mengatakan, beberapa komoditas yang mulai mengalami kenaikan harga diantaranya, cabai, bawang merah, bawang putih, serta telor ayam.

"Yang mengalami kenaikan tertinggi cabai, kini Rp25 ribu/kilogram dari harga sebelumnya Rp14 ribu/kilogram, kemudian untuk bawang merah kualitas bagus Rp10 ribu dari harga sebelumnya Rp7000/kilogram," katanya, Kamis.

Sementara itu untuk fluktuasi harga bawang putih dan telor ayam relatif rendah hanya berkisar antara Rp500-Rp1000/kilogram, bawamg merah yang sebelumnya berkisar Rp6000/kilogram kini naik menjadi Rp 7000/kilogram, sedangkan telor ayam buras yaang sebelumnya terpantau Rp14 ribu/kilogram kini dijual Rp15 ribu/kilogram.

"Kenaikan ini mulai terasa sejak ramai adanya rencana kenaikan harga BBM, maklum saja karena untuk sebagian besar sayur dan rempah-rempah berasal dari luar Trenggalek," ujarnya.

Disisi lain untuk harga kebutuhan pokok seperti beras dan gula justru relatif normal selama sepekan terakhir, beras kualitas sedang antara Rp 7000/kilogram hingga Rp8000/kilogram, sedangkan kulitas bagus dikisaran Rp8000/kilogram sampai dengan Rp8500/kilogram.

"kalau beras masih normal, karena dibeberapa wilayah di Trenggalek sudah mulai panen," kata salah satu pegadang lainnya Supriyo.

Namun ia memprediksi harga kebutuhan pokok, utamannya beras akan bergerak naik seiring dengan rencana pemerintah yang akan menaikkan harga bensin dan solar pada bulan April mendatang.

"Saya jualan sembako sudah lebih dari 20 tahun, jadi sangat hafal, setiap kali ada rencana kekaikan harga bensin maupun solar, harga sembako pasti akan ikut terkerek, buktinya BBM belum naik saja, harga sayur mayur naik lebih dulu" ucapnya.

Supriyo berharap rencana kenaikan BBM tersebut diiringi dengan kebijakan lain yang bisa menekan harga sejumlah kebutuhan bahan pokok agar tetap stabil dan terjangkau oleh masyarakat.

"karena apa, kalau harga sembako terlalu tinggi, daya beli masyarakat akan menurun, ini fakta dan saya mengalami," ujarnya serius.

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India