KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Rabu, 05 Oktober 2011

SISWA SMAN 2 TRENGGALEK PROTES PENAMBAHAN JAM PELAJARAN

Trenggalek, 5/10 (ADSFM) - Siswa kelas XII SMA Negeri 2 Trenggalek, Jawa Timur memprotes kebijakan kepala sekolahnya yang menambah jam pelajaran hingga pukul 15.30 WIB.

Beberapa siswa kelas XII Rabu pagi (5/10) mencoba memprovokasi siswa kelas X dan XI untuk mengelar aksi mogok belajar. Namun aksi tersebut berhasil diredam oleh beberapa guru yang telah bersiaga di depan sekolah.

Dihubungi melalui telepon selular, salah satu siswa kelas XII mengaku nekat memprotes kebijakan kepala sekolah tersebut karena merasa terlalu dipaksakan.

"Kalau sampai jam setengah empat terus terang kami sangat keberatan, karena pikiran kami sudah lelah, belum lagi masih diberi PR (pekerjaan rumah) cukup banyak," kata salah satu siswa ini.

Selain itu, menurutnya keputusan menambah jam pulang sekolah itu tidak disosialisasikan terlebih dahulu ke siswa.

"Kami tahunya ketika hari Senin (3/10), biasanya jam 15.15 sudah pulang tapi kok belum ada bel, setelah kami tanyakan ke guru ternyata ditambah 15 menit," imbuhnya.

Sementara itu dikonfirmasi terpisah, kepala SMA Negeri 2 Trenggalek Sunu Widodo mengaku saat ini ia telah membatalkan kebijakan tersebut.

"Kami sudah berkonsultasi dengan dinas pendidikan dan akhirnya kami batalkan dan dikembalikan seperti semula, saat ini kegiatan belajar sudah normal seperti biasa," tutur Sunu.

Menurutnya kebijakan penambahan jam tersebut dimaksudkan untuk memperbaki mutu pendidikan di sekolahnya.

"Sebetulnya penerapan 'fullday' di SMA 2 sudah berlangsung sejak beberapa tahun yang lalu dan selama ini tidak protes dari siswa, kemudian kami coba untuk menambah 15 menit hingga jam 15.30 WIB," katanya.

Ia menduga aksi protes itu hanya dilakukan oleh segelintir siswa, hal itu dibuktikan dengan tidak terlaksanya rencana aksi mogok belajar.

"Yang protes itu kebanyakan siswa jurusan IPS, kemudian menyebarkan SMS (pesan pendek) ke siswa yang lainya untuk diajak mogok belajar. Makanya sejak tadi malam kami terus berkoordinasi dengan dewan guru untuk mencegah aksi itu," tambah Sunu.

Disisi lain, Kabid SMP/SMA/SMK Dinas Pendidikan Trengalek, Anwaruddin mengakui telah meminta kepada kepala SMA 2 Trenggalek untuk mengembalikan jam pelajaran seperti semula.

"Tidak ada penambahan, tetap seperti sebelumnya sampai jam 15.15 WIB" katanya singkat.

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India