KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Sabtu, 25 September 2010

Penyebaran HIV - AIDS Di Trenggalek Terus Meningkat




Reporter : Dhimas

Trenggalek - Penyebaran penyakit HIV/AIDS di Trenggalek kian meresahkan , pasalnya di sementer kedua tahun 2010 ini bertambah 31 penderita,Padahal pada semester awal yang lalu terdapat 11 penderita baru. Sehingga sampai saat ini di Trenggalek terdapat 75 kasus HIV/AIDS.

Ichwanu Kusno, Kabid Penanggulangan Penyakit menular (P2M) Dinas Kesehatan Trenggalek mengatakan bertambahnya jumlah odha (orang dengan HIV/AIDS) tersebut merupakan hasil dari penyisiran yang dilakukan oleh Dinkes Trenggalel ke beberapa rumah sakit dan klinik VCT diluar kota.Hasilnya banyak ditemukan penderita yang belum dilaporkan ke Dinkes Trenggalek.

"Untuk mendapatkan data yang benar akhirnya kita ke Tulungagung dan kota lain untuk mencari penderita yang alamatnya di Trenggalek dan kemudian kita ambil semua, jadi sekarang totalnya 75 penderita" kata Ichwanu Kusno.

Menurutnya, untuk menghindari penyebaran yang lebih banyak, seluruh Odha mendapat pengawasan ketat dari Dinkes Trenggalek melalui puskesmas jajaranya.

"Setelah terdata, kita lakukan konseling dan pembinaan ,sehingga kalau waktunya kontrol ya harus kontrol" imbuh Ichhwanu Kusno.

Sedangkan untuk keluarga terutama istri atau suami penderita penyakit mematikan tersebut, akan dilakukan pembinaan tentang bagaimana bergaul serta melakukan hubungan intim dengan Odha.

"Saya harapkan semua odha sadar ketika menghendaki hubungan suami istri ya wajib pakai kondom" katanya.

Sementara itu penyebaran HIV/AIDS di Trenggalek menurut Ichwanu , akibat dari seks bebas dengan bergonta ganti pasangan. Sedangkan sebagian besar Odha di kota kripik tempe ini tertular HIV/AIDS saat bekerja diluar pulau.

"Hampir semuanya tertularnya di luar kota atau penderita import,jadi ketika mereka bekerja di luar pulau seperti kalimantan , bali, atau papua melakukan hubungan nggak sehat hinga tertular" kata Pria yang akrab dipanggil Ichwan ini.

Data di Dinkes Trenggalek menyebutkan ,sebelum tahun 2009 jumlah Odha di Trenggalek rata rata meningkat sepuluh orang per tahun. Namun menginjak tahun 2010 jumlahnya semakin mengkhawatirkan.

"Tahun lalu kan hanya 33 kasus , tapi 2010 ini meningkat menjadi 75" imbuhya.

Dari jumlah tersebut di dominasi usia produktif antara 20 sampai dengan 30 tahun. dengan rincian 70 persen laki laki dan 30 persen perempuan.

Sedangkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait bahaya dari HIV / AIDS dinkes Trenggalek aktif melakukan sosialisasi ke masyarkat dengan menggandeng organisasi peduli AIDS

"kita sudah mencoba menggandeng organisasi remaja yang peduli AIDS,untuk bersama sama sosialisasi" pungkasnya (dim)

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India