KBR68H "Terpercaya Menjangkau Nusantara"

Kamis, 16 September 2010

Gelombang Tinggi,Nelayan Prigi Enggan Melaut

Reporter : Dhimas Saputra

Trenggalek - Tingginya gelombang laut di pesisir pantai selatan jawa timur menyebabkan ratusan nelayan di pantai prigi Trenggalek enggan melaut.

Dikatakan Gianto ,salah satu nelayan Prigi, saat ini sebagian besar nelayan memilih untuk menyandarkan kapalnya, karena apabila nekat melaut bisa mengancam keselataman awak kapal.

"sekarang gelombangnya masih tinggi,kalau kapal kapal kecil disini ya gak berani"katanya.

lanjut dia , sebagian nelayan hanya berani mencari ikan tidak jauh dari bibir pantai. karena apabila semakin ke tengah maka angin serta gelombang laut semakin besar.

Selain itu keengganan nelayan untuk melaut juga dipicu oleh curah hujan yang tinggi, sehingga menyebabkan tangkaan ikan menjadi sedikit.

"sekarang kan musim sulit diprediksi, dan apabila curah hujan tinggi seperti ini nyari ikan pasti sulit" imbuhnya.

Akibat minimnya tangkapan ikan , harga beberapa jenis ikan laut di Trenggalek melambung hingga 100 persen , seperti ikan tongkol yang biasanya dijual Rp 6000 per kilogram kini harganya naik menjadi Rp 8000, Sedangkan ikan layur yang tadinya hanya Rp 8.000 per klogram kini melonjak menjadi Rp 16 ribu per kilogram.

"ikan layur itu yang naiknya tajam sampai 100 persen" pungkasnya. (dim)

0 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog ADS FM
klik Tombol Play

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India